1.16.2010

yang kadang kita lupa, sehat itu mahal!

Gampang gampang susah. atau justru susah susah gampang.
Ya, silakan pembaca pilih untuk satu kalimat "menjaga kesehatan".
Kalo saya si, cenderung memilih gampang gampang susah. Gampang ngomongnya, dan susah mengaplikasikannya.
Terbukti, kemarin saya baru saja menyatroni rumah sakit gara gara beberapa waktu terakhir ini saya muntah secara terus menerus dan juga sering pusing, mual dan kedinginan.
"kamu hamil??", begitu kata dokter Joko ketika pertama kali saya bertemu dengannya.
well, kalimat pembuka yang bagus dari seorang dokter penyakit dalam..
hahhaaha, thanks for joke mr. Joko.
Dokter ganteng itu pun memeriksa saya dengan cekatan. Kemarin makan apa?

setelah flashback, seminggu terakhir ini saya makan sembarangan sekali. week end lalu sebelum pulang, saya makan di PH dan menghabiskan beberapa pan pizza, beraneka rasa tanpa dijejali nasi sedikitpun sebelumnya. setelah itu, saya minum minuman soda yang alamak..mungkin habis 3 gelas.
beberapa hari kemudian, saya malas makan malam, dan pagi hari saya keseringan makan soto. beraneka soto. soto pengkol, soto kudus, soto mbak lin. tapi judulnya tetap saja soto.. saya sama sekali tidak menyalahkan tempat-tempat saya makan, tapi, saya harus menyalahkan diri saya sendiri karena merusak pola makan saya yang sudah berantakan.

yah..
kelakuan kecil yang berakibat fatal. sekarang si, ga bisa ditolerir lagi. kalo saya ga merubah pola abal abal itu, sebulan ke depan bisa jadi saya rawat inap di rs. naudzubillah..

air putih, harus banyak. sebanyak banyaknya malah. bangun pagi, makan pagi, itu penting. makan tidak harus kenyang, tapi teratur. 3-4 jam perut harus diisi.
hindari makanan asam, santan. jika terpaksa, makanlah ketika siang saja.

selamat jalan hidup tidak sehat. mulai hari ini, saya akan berperang, melawan kemalasan, melawan pembodohan.
hehhehe..

Tidak ada komentar: