12.01.2010

terapi ginjal kronik ala jayanti :), cekidot

masuk bulan desember, artinya ini sudah bulan ke sebelas saya sakit gagal ginjal. Kondisinya berangsur angsur membaik, walaupun tidak sekuat ketika saya normal dahulu. tapi dari segi daya tahan tubuh, dibanding ketika bulan-bulan awal dulu, sekarang sudah ada peningkatan yang signifikan. banyak hal yang sudah berkurang, seperti sesak nafas, mual, muntah. tapi kalau pusing, saya belum bisa mengatasinya. tekanan darah rata-rata masih 160an ke atas.
Kondisi yang sekarang ini, tidak lepas dari beberapa terapi yang saya jalani secara rutin di luar medis. diantaranya:
1. Akupuntur
akupuntur adalah terapi dengan menggunakan jarum khusus, dilakukan oleh terapis yang sudah berpengalaman. pada awal sakit, saya melakukannya seminggu sekali, kini sudah berkurang menjadi 3 minggu sekali
2. akupresure
akupresure atau terapi pemijatan dapat dilakukan sendiri atau dibantu oleh terapis yang lebih tau mengenai titik-titik yang berhubungan langsung dengan penyakit yang di derita. Saya melakukan terapi akupresure setiap hari (sendiri) karena sering sekali pegal dan nyeri. dan tiap 3 minggu sekali terapi akupresure dilakukan oleh terapis yang lebih berpengalaman.
3. herbal
pagi hari, upayakan untuk bangun pagi. Saya mengkonsumsi beberapa herbal, diantaranya:
- jus tahitian noni
jus tahitian noni merupakan jus dari buah mengkudu, anggur yang telah diolah dengan proses tertentu oleh pabrik, sehingga diperoleh sari-sari yang diperlukan untuk proses pemulihan penyakit ginjal. minuman produksi jerman ini, konon katanya telah terbukti mampu membantu menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya gagal ginjal. saya sudah mengkonsumsinya sekitar 4 bulan. hasilnya ada peningkatan yang cukup signifikan.
- sari ikan kutuk
protein yang terkandung dalam sari ikan kutuk sangat bagus sekali untuk penyembuhan gagal ginjal. gagal ginjal umumnya mengalami penurunan albumin, sehingga tubuh mengalami penumpukan cairan dan pembengakakan. sari ikan kutuk terbukti mampu meningkatkan albumin dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.
- buah pepaya
buah pepaya meupakan kandungan buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita ginjal, kalium di dalamnya tidak terlalu banyak, sehingga aman dikonsumsi tubuh dalam jumlah yang terbatas.

4. susu ginjal
saya juga mengkonsumsi susu khusus untuk penderita penyakit gagal ginjal, salah satunya yaitu nefrisol keluaran dari kalbe farma.

5. diet ketat
hal yang terpenting adalah menjaga asupan dan pola makan. hindari makanan yang terlalu asin, pedas, mengandung msg dan soda, mengandung banyak kalium, natrium dan pospat.
konsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. hindari jeroan, goreng-gorengan dan kacang-kacangan.

6. ikuti benar petunjuk dari dokter dan konsumsi obat medis yang aman bag ginjal
7. usahakan pikiran selalu senang, tenang dan ikhlas. jangan merasa terbebani dengan sakit, karena justru akan memperburuk kondisi tubuh.

semoga bermanfaat bagi kita semua

1 komentar:

Subiyanto mengatakan...

mbak Jayanti, aturan minum utk tahitian noni pd saat2 awal seberapa mbak..? Mhn infonya, mudah2an cocok utk pengobatan gagal ginjal ibu saya tanpa cuci darah. trims